Kamis, 18 Januari 2018

NOMLENI: DASAR BUDAYA ITU MILIKI NILAI YANG SANGAT TINGGI

Salam Budaya: Ci Nomleni dengan balutan motif TTS
Teropongdanil-Niki-niki- Wanita ini dikenal gencar memamerkan motif daerah asalnya, Timor Tengah Selatan (TTS) lewat akun facebook (FB)-nya. Via WA (18/01), dirinya menyebutkan dasar budaya itu memiliki nilai yang sangat tinggi, mahal harganya.

"Dasar budaya itu memiliki nilai yang sangat tinggi. Itu mahal harganya dan perlu di junjung tinggi. Dilihat dari sudut pandamng agama budaya itu adalah sebuah Anugerah yang dititip oleh Tuhan"

Pesan untuk para penenun, Nomleni berharap, mencinptakan sesuatu yang berguna untuk kebutuhan manusia sebab apa yang ada sekarang itu adalah anugerah. Tentunya dia mengajak, agar tidak siasiakan hal itu.

"Saya mengaplikasikan budaya disana (Boti dan Fatulopo) dengan benar. Artinya membuat dengan hati. Tuhan telah memberikan anugerah kepada setiap daerah, maka itu harus dijunjung tinggi sebab kalau bukan kita, siapa lagi??"

Hal itu sangat mendasari hidup Ci Nomleni sehingga tidak sedikitpun ia menodai motif daerahnya. Sangat terlihat jelas di akaun FB (Ci Nomleni), dia memamerkan hasil tenunan produk sendiri. Tidak heran dia mengedepankan budaya sebagai anugerah Tuhan.

"Saya coba menaplikasikan budaya disana untuk menjadikan sebuah tenunan. Tidak menghilangkan nilai pakaian adatnya. Saya coba memahimi suatu budaya itu dengan hati seperti yang terlihat di postingan FB. Budaya itu memang indah" terang Nomleni. 

Mendalam maknanya. Itulah hikma jika seseorang memahami betul budaya sebagai anugerah dari Tuhan. "Salam Budaya" Ci Nomleni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar