Senin, 01 Januari 2018

RIZAL: NUANSA EKSOTIS TAKPALA RUBAH JARAK PANDANG

Foto: Busana Adat Takpala (Rizal, kiri)
Teropongdanil-Kalabahi- Kampung yang sudah tersohor dimata dunia dengan tarian lego-lego, cakalele dan busana adatnya ini, selasa, 2 Januari 2018 sore, saat kunjungan bersama beberapa teman, Rizal Plaikari sebut "eksotis Takpala merubah jarak pandang"

Hal itu disampaikan Rizal karena menurutnya banyak orang lebih menikmati suasana global dibandingkan yang ada di perkampungan. 

"Kebanyakan maunya itu ikut zaman now, namun setelah sampai disini (Takpala), suasananya bedah. Seperti terpanggil begitu" ucap Rizal

"disini sangat alamia, saya terpanggil, bahwa budaya sebagai identitas itu seharusnya dicintai generasi muda. Setidaknya dapat mengimbangi pergeseran akibat zaman now" imbuhnya

Dijelaskan Rizal "mempertahankan rumah-rumah adat kemudia ketergantungan yang masi dengan alam itu luar biasa"

Baginya, susah untuk dijelaskan namun dia berharap lebih banyak datang itu bagus. Biar ada pembelajaran bagaimana hidup dengan budaya"

Tidak dijelaskan secara rinci namun dirinya berharap tidak datang sekedar foto-foto lalau pergi, namun setidaknya mengetahui kehidupan budaya di takpala seperti apa "maksudnya, agar kita bisa belajar dari situ"

Perludiketahui bahwa, dalam foto tersebut, selain Rizal,  ada juga Astuti, Oa komanireng, Imakulata, Hilda, Musa dan Jeck. **(DanilTakpala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar