Jumat, 15 Desember 2017

DI TAKPALA, INI YANG DICERITAKAN ABNER YETIMAUH KEPADA ERINA ALIBASJAH

Teropongdanil- Tiada hari tanpa kunjungan wisatawan ke kampung adat Takpala. Selain menyaksikan ritual adat secara langsung, ada yang hanya pergi sekedar berfoto. Tidak demikian dengan Erina Alibasjah saat berjumpa dengan orangtua takpala, Abner Yetimauh. 

Via instagram (15/12), dirinya bercerita banyak tentang kampung yang terletak di dusun II, desa Lembur Barat, kecamatan Alor Tengah Utara, Alor NTT itu. "Bapak Abner bilang, suku asli takpala itu suku abui" kata Erina

Imbuh wanita asal kota ternama dengan julukan Lautan Api, Bandung, "kata bapak Abner, itu pernah ada orang barat yang tinggal lama disana, belajar bahasa sama kebudayaan takpala sampai membuat kamus"

"terus bapak Abner juga menjelaskan tentang fungsi rumah lantai bawah sampe lantai atas. Selain lantai atas kedua juga sebagai tempat masak, saya juga diajak ke lantai atas ketiga yang isinya buat nyimpen cadangan makanan"

"Saya pun kemudian tertarik dengan perumpamaan rumah putih (Kanuorwat), sebagai tempat para dewa, rumah hitam (Kolwat), ibarat bumi dan ditengah-tengahnya adalah adat istiadat"

Selain cerita singkat itu, Erina juga pengennya melihat langsung ritual belanja moko dan ritual lain. Itu dikarenakan dua tahun lalu (september, 2015), dirinya sekedar jalan-jalan. Dan lebih lanjud, dia mengharapkan ada jodoh waktu lagi. 

"saya sih pengennya pas ada upacara adat gitu, biar bisa liat upacara pake moko tuh kaya gimana. kalau Jodoh waktu saya pengen kesana lagi. Karna saya percaya pertemuan dengan orang atau daerah baru itu semua karna ada jodoh waktu" jelasnya. **(Danil) 

Note:
kampung adat Takpala, bagi yang diluar pulau Alor NTT, bisa anda kunjungi via Kapal ataupun via penerbangan. Sesampainya di kupang (bagi anda yang diluar NTT), anda bisa langsung ke badara Eltari Kupang, stelah itu, selama 45 penerbangan, anda akan tiba di bandara Mali,Alor. Disana sudah ada Travel yang siap mengantarkan anda ke lokasi, Takpala. 

Jika via kapal, anda harus ke pelabuhan Bolok atau Tenau, bagian barat pusat kota kupang. Kupang - Kalabahi Alor, itu jarak tempu sekitar 15 jam. Sama halnya setelah tiba suda ada travel atau ojek yang bisa anda tumpangi langsung ke lokasi atau bisa istirahat di kalabahi. di Kalabahi, ada hotel yang bisa anda pilih sebagai tempat istrahat, karena di Takpala, anda akan menyesuaikan diri dengan penduduk disana (nginap dibale-bale rumah lopo).
Rumah Lopo (Takpala) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar