Jumat, 08 Desember 2017

UNIK RAGAM BAHASA IBU, ITU IDENTITAS KAMU DAN SAYA

Teropongdanil-Bahasa ibu merupakan salah satu kearifan lokal suatu daerah. Itu menjadi identitas kita yang kemudian menjadi alat komunukasi yang unik.

Keunikan itu beragam dikalangan masyarakat, sebab kita (orang NTT) kaya akan budaya dan bahasa. Namun apa daya jika tidak dipertahankan?

Kehadiran @MetroTV kemarin (agustus), di kalabahi telah menjadi suntikan tersendiri untuk melestarikan budaya dan bahasa.

Dalam sebuah acara TV, @Tiga_60, saya betemu dengan reporter #MetroTV @alinaluth, @i_an_phone & kawan-kawan (sebutan nama dalam akun @instagram). Itu tentang "menemukan penutur terakhir"

Diceritrakan bahwa "bapak @Bernadus_Mohar (95 tahun) adalah satu-satunya orang yang masi menggunakan bahasa daerahnya (bahasa beilel), Alor NTT.

"Hanya sekitar 60 suku kata yang masi diingatnya. Itu tentunya tidak cukup untuk merangkai kalimat dan digunakan setiap hari" kutip @i_an_phone
-
Pada cuplikan "http://m.metrotvnews.com/play/2017/08/20/746520" ini pun, Bernadus menjelsakan bahwa "kita sudah ambil orang punya bahasa" katanya dengan logat bahasa pasar (Alor melayu)

Dalam pengamatan dari cuplikan video tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan kepunahan bahasa. 1. Lebih menerima bahasa luar. 2. Pergeseran karena kawin mawin. Ini yang kemudian membuat Bernadus Mohar tidak bisa berkomunikasi dengan siapapun dan diakui oleh turunannya.

kemudian, @alinaluth memberikan kutipan setelah berkunjung ke kampung tradisional, Takpala. "Kampung Takpala di kecamatan Alor Tengah Utara didiami oleh suku Abui, suku dengan populasi terbesar di Alor-

Dalam kesehariannya seluruh warga Kampung Takpala menggunakan Bahasa Abui untuk berinteraksi satu sama lain. Namun bahasa Abui sudah hampir punah karena tidak ada lagi sang pewaris tutur.

Beruntung ada Danil, seorang pemuda Abui yang berupaya melestarikan aksara warisan nenek moyangnya"**(SOF)

Pesan buat kita semua adalah "jangan perna berhenti menggunakan bahasa daerahmu. Jika tidak tau, belajarlah. Itu identitasmu. Saya kemudian sepakat bahwa: Bahasa akan mati kalau tidak digunakan"

lebih jelasnya, silahkan nonton cuplikan ini http://m.metrotvnews.com/play/2017/08/20/746520


Salam...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar